RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 3 Cilacap
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX (sembilan)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet dan intranet.
|
Kompetensi Dasar
Indikator
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
1.1. Menjelaskan pengertian dasar internet dan intranet.
Siswa dapat mendifinisikan internet dn intranet
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x 40 menit
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Menjelaskan pengertian internet dan Intranet
2. Menyebutkan kegunaan internet dan Intranet
3. Menjelaskan perbedaan internet dan intranet
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Pengertian internet dan Intranet
- Kegunaan internet dan Intranet
- Perbedaan internet dan intranet
C. METODE PEMBELAJARAN
· Studi Pustaka, Diskusi, ceramah dan tanya jawab
· Pendekatan Model CTL
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
apersepsi dan motivasi :
· Menanyakan tentang kegunaan komputer
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang internet/intranet.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan dengan teliti ( carefulness) dan Tanggung jawab ( responsibility )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari informasi dari media informasi lain tentang internet/intranet.
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang internet/intranet.
E. SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN
Buku paket dan media informasi lain.
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
Ø Menjelaskan pengertian:
-intranet
-internet
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian internet!
Jelaskan pengertian intranet!
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Cilacap
( MARSUDIYANA, SPd,MM )
NIP.196302011986011024
|
Cilacap, 17 September 2011
Guru Mapel TIK.
(ARIES PURWANTO, SPd,MPd)
NIP. 196705022007011022
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 3 Cilacap
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX (sembilan)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami dasar-dasar penggunaan
internet/intranet.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan di internet/intranet.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x 40 menit
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet
- Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Dasar-dasar sistem jaringan internet
- Dasar-dasar sistem jaringan intranet
C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan tentang pengertian internet/intranet.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
Perpustakaan, buku paket dan media informasi lain.
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
Ø Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet
Ø Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet
Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Cilacap
( MARSUDIYANA, SPd,MM )
NIP.196302011986011024
|
Cilacap, 17 September 2011
Guru Mapel TIK.
(ARIES PURWANTO, SPd,MPd)
NIP. 196705022007011022
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 3 Cilacap
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX (sembilan)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1 . Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses internet.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
1 TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet
- Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2 MATERI PEMBELAJARAN
- Ukuran kecepatan akses internet
3 METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill
4 LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama (2 x 40 menit) :
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang ukuran kecepatan akses internet.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menarik kesimpulan.
F Tugas kliping tentang ukuran kecepatan akses internet.
Pertemuan kedua (2 x 40 menit) :
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah hasil informasi tentang ukuran kecepatan akses internet dari kliping yang telah dibuat.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5 SUMBER PEMBELAJARAN
Buku paket dan media informasi lain.
6 PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
Ø Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet
Ø Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan
|
Tes tertulis
Tes praktik (kinerja)
|
Uraian/
pilihan ganda
Tes indentifikasi
|
Jelaskan ukuran kecepatan akses internet!
Indetifikasikan ukuran kecepatan akses internet sesuai dengan koneksi internet yang tersedia!
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Cilacap
( MARSUDIYANA, SPd,MM )
NIP.196302011986011024
|
Cilacap, 17 September 2011
Guru Mapel TIK.
(ARIES PURWANTO, SPd,MPd)
NIP. 196705022007011022
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 3 Cilacap
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX (sembilan)/ 1 (Satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet/intranet
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 40 menit
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
- Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
- Mengidentifikasi fungsi perangkat keras yang digunakan dalam internet
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
Akses internet
· Persyaratan perangkat keras internet
· Persyaratan perangkat keras intranet
C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
o Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk internet
o Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Secara kelompik menelaah buku paket untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan untuk perangkat keras internet
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan kedua (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk intranet
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Secara kelompik menelaah buku paket untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan untuk perangkat keras intranet
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan ketiga dan empat ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk internet
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Secara kelompok menelaah melalui studi pustaka untuk mengetahui fungsi dari perangkat keras internet
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mempresentasikan hasil kerja kelompok
F Menarik kesimpulan
E. SUMBER PEMBELAJARAN
Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah dsb.) diperpustakaan.
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
Ø Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
Ø Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
Ø Mengidentifikasi fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
Tunjukkanlah perangkat keras yang digunakan internet/ intranet!
Tunjukanlah peralatan yang digunakan internet dan sebutkan fungsinya!
Tunjukkan peralatan yang digunakan internet!
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Cilacap
( MARSUDIYANA, SPd,MM )
NIP.196302011986011024
=============================
CALON SOAL UTS 1 2014 KTSP
A. PILIH JAWABAN YANG BENAR
1.
Pada awalnya internet merupakan sebuah percobaan
membuat jaringan antar computer yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan
Amerika Serikat yang disebut …
a.
NATO
b.
CIA
c.
ARPA
d.
FBI
2.
Jaringan internet pertama di dunia ARPANET yang
kemudian menjadi cikal bakalnya internet dibuat pada tahun …
a.
1944
b.
1969
c.
1986
d.
1990
3.
Sebuah jaringan computer kecil yang dibuat untuk
menghubungkan komunikasi data antar gedung dalam lokasi yang sempit disebut …
a.
Intranet
b.
Arpanet
c.
Extranet
d.
Internet
4.
Dilihat dari lokasinya sebuah jaringan computer
dapat menghubungkan komunikasi data antar kota pada wilayah yang lebih luas yang disebut …
a.
LAN
b.
MAN
c.
WAN
d.
CAN
5.
Perusahaan besar seperti Pertamina misalnya,
memiliki sebuah jaringan computer sebagai komunikasi data yang disebut
extranet, yaitu …
a.
Jaringan computer antar kilang
b.
Jaringan antar gedung kantor untuk memudahkan
komunikasi
c.
Jaringan khusus antar pegawai yang bersifat
rahasia, pihak lain tidak bisa masuk
d.
Jaringan computer hanya untuk kepentingan intern
saja pihak luar tidak bebas mengakses
6.
Sebuah data pada computer disimpan pada sebuah
tempat yang disebut …
a.
Locker
b.
Windows eksplorer
c.
USB
d.
Folder
7.
Google sebagai situs pada internet sering
digunakan sebagai …
a.
Alat piranti untuk membuka program internet
b.
Search engine / mesin pencari data
c.
Menemukan program dan aplikasi sesama pengguna
d.
Komunikasi mencari teman
8.
SItus Facebook merupakan sebuah web yang sering
digunakan dan dikunjungi para pengguna internet, karena kemudahan aplikasinya
sebagai alat komunikasi …
a.
Mencari teman dan sahabat
b.
Saling berbagi foto, curhat dan tukar menukar
pengalaman
c.
Jejaring sosial
d.
Program khusus untuk para maniak internet
9.
Internet
berasal dari singkatan …
a.
Internasional communication
b.
Interconected Network
c.
Interconection netrworking
d.
Interconec
Network
10.
Program untuk membuka internet antara lain, kecuali …
a.
Mozzilla Fire Fox
b.
Internet ExPLorer
c.
Google.com
d.
Google Chrome
11.
Topologi jaringan internet merupakan …
a.
Teknik membuka jaringan internet
b.
Cara mengkomunikasikan data antar computer
c.
Peralatan yang harus ada dalam jaringan computer
d.
Model / teknik penyambungan jaringan computer
12.
Model topologi jaringan yang dimungkinkan paling
banyak dipakai pada warnet adalah topologi
a.
Star / bintang
b.
Jaring laba-laba/peer to peer
c.
Ring / cincin
d.
Bus
13.
Topologi jaringan yang paling rumit dan
membutuhkan banyak perkabelan adalah topologi …
a.
Star / bintang
b.
Jaring laba-laba/peer to peer
c.
Ring / cincin
d.
Bus
14.
Alat utama yang mutlak harus ada pada sebuah
jaringan internet adalah ..
a.
Kabel UTP dan KOnektor RJ45
b.
HUB/SWITCH
c.
Modem
d.
Repeater
15.
Alat yang dibutuhkan untuk memasang
konektor/plug/jack RJ45 pada kabel UTP adalah
a.
b. c. d.
16.
Notebook atau laptop salah satu computer yang
mampu menyadap sinyal internet hotspot karena memiliki …
a.
Modem WiFi
b.
Modem Hotspot
c.
Adaptor Charger
d.
Program aplikasi Internet
17.
HOTSPOT sebenarnya adalah …
a.
Gelombang internet
b.
Wilayah/lokasi area yang tekena sinyal internet
c.
Peralatan pada laptop yang mampu menyerap sinyal
internet
d.
Hotspot = cepat panas
18.
Ada beberapa cara agar dapat terhubung dengan
internet, antara lain dengan teknik, kecuali…
a.
KOneksi Dial-Up
b.
Teknologi
ADSL
c.
Menggunakan HP GPRS
d.
Radio HT 2 Mt-band
19.
Internet yang menggunakan koneksi sambungan
melalui jaringan telepon Telkom disebut …
a.
Koneksi Dial UP
b.
Teknologi Speedy ADSL
c.
Hotspot
d.
WiFi
20.
Kecepatan akses internet dalam mengkoneksi data
sangat tergantung pada besar kecilnya lebar jaringan koneksi yang disebut …
a.
Kilobyte per second
b.
Bandwitch
c.
Kilometer per jam
d.
Cc speed
21.
Jaringan Internet pada mulanya menggunakan fasilitas jaringan telekomunikasi
Telkom yang disebut telkomnet, dengan kode akses …
a.
081542656555
b.
001-0000001
c.
080989999
d.
007 JB
22.
Salah satu perangkat terkoneksi jaringan
internet adalah melalui ISP, yaitu …
a.
Perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa
internet
b.
Alat penghubung internet
c.
Pulsa yang dijual indosat
d.
Modem khusus yang dijual perusahaan pulsa
23.
ISP singkatan dari …
a.
Internet Send Pulsa
b.
Internet Service Provider
c.
Interconection Service PrODuct
d.
Interconected SeRVIce Provider
24.
HuB/Switch yang digunakan pada jaringan computer
berfungsi sebagai alat …
a.
Penghubung internet dengan computer
b.
Penguat sinyal internet
c.
Pembagi jaringan
d.
Induk jaringan
25.
Computer yang digunakan sebagai pusat control
kendali jaringan yang berfungsi sebagai induk jaringan disebut computer …
a.
Server
b.
Client
c.
Op
d.
Billing
26.
Untuk membuka dan menuliskan alamat sebuah
situs/web pada halaman internet ditulis pada ..
a.
Baris toolbar
b.
Baris taskbar
c.
Bar address
d.
Kotak search
27.
Tampilan halaman pertama atau halaman awal saat
membuka internet disebut …
a.
Web page
b.
Home page
c.
Page down
d.
First page
28.
Dua peranan yang penting dari internet
adalah …
a.
Internet sebagai alat komunikasi dan berselancar
di dunia maya
b.
Internet sebagai sarana mencari teman dan
bertukar pengalaman hidup
c.
Internet sebagai alat komunikasi informasi dan sarana
pertukaran data
d.
Internet untuk hiburan dan permainan
29.
Gambar kotak-kotak yang terlihat pada tampilan
awal membuka computer yang berfungsi sebagai symbol yang mewakili program
tertentu adalah ..
a.
Wall papper
b.
Icon
c.
Animation
d.
Logo
30.
Fasilitas pada situs google yang digunakan
sebagai sarana mengirim surat (email) adalah …
a.
Maping
b.
Google chrome
c.
Gmail
d.
Terjemahan
31.
Kotak alamat pada google yang digunakan untuk
menuliskan kata kunci / kalimat disebut …
a.
Address bar
b.
Title bar
c.
Box searching
d.
Bar standar
32.
Modem eksternal yang dipakai pada laptop
computer digunakan sebagai alat …
a.
Penguat sinyal
b.
Penghubung internet dengan computer
c.
Pemancar sinyal wifi
d.
Pembagi jaringan
33.
Media penyimpan data pada computer antara lain, kecuali …
a.
Hard disk, plash disk, disket
b.
MMC, SSD, Blue Ray
c.
CD, DVD, Hard Disk
d.
CDRoom, RAM, USB
34.
Tampilan gambar halaman pertama saat computer
siap digunakan disebut …
a.
Desktop
b.
Wall papper
c.
SCReen Saver
d.
Home page
35.
Tampilan gambar pertama yang pasti ada pada HP
adalah …
a.
Wallpaper dan menu
b.
Aplikasi dan tanggal
c.
Jam dan gambar pribadi
d.
Penunjuk carger dan sinyal
36.
Situs Facebook dibuat pada awalnya berasal dari
email/surat elektronik, tetapi perbedaan yang mendasar antara facebook dan
email adalah …
a.
Facebook dan email adalah jejaring social
b.
Pada email kita tidak bisa mengirim gambar dan
profil
c.
Dengan face book dan email kita bisa curhat secara
bebas, orang lain tidak tahu
d.
Pesan pada email tidak bisa bebas dibaca orang
lain
37. Satuan ukur kecepatan akses internet adalah
…
a. Gyga Bit per second
b. Mega Byte
c. Byte per second
d. Tera Bit per secont
38. Beberapa masalah besar yang merugikan pada
internet antara lain …
a. perdagangan budak dan tenaga kerja
b. forex dan valuta asing
c. pornografi dan perjudian
d. pencurian dan pembunuhan
39. Untuk mengetik tanda ! (perintah) pada
keyboard caranya adalah ...
a. tekan tanda perintah langsung
b. tekan tombol spasi dan tanda pentung
c. tekan dan
tahan tombol shift dan angka satu
d. tekan tombol back space dan tanda !
40. Bothing pada komputer adalah ...
a. proses menunggu beberapa saat dari awal
computer dinyalakan hingga siap dipergunakan
b. proses perjalanan system operasi saat
sebuah program dijalankan melalui icon-icon pemrograman
c. menunggu beberapa saat dari awal
menekan ikon program hinga muncul aplikasi program yang dikehendaki
d. menunggu sesaat hingga computer menjalankan
program permainan
41. Pada desktop
komputer umumnya terdapat baris melintang mendatar dibawah tampilan yang berisi
tombol star program dan aplikasi program,
yang disebut ...
a. toolbars
b. bar menu
c. taskbar
d. baris titlebar
42. Drug mouse komputer adalah …
a. mengeser-geser
mouse agar symbol panahnya bergerak
b. pergerakan mouse secara perlahan hingga
muncul program
c. symbol anak panah pada computer
d. klik mouse, menahannya dan menggeser
a.
FDD
b.
CD-room
c.
USB
d.
Land
Card
a. Windows xp
b. Windows Vista
c. Windows explorer
d. Internet explorer
a. menekan tombol delete
b. menekan tombol backspace
c. mengklik icon bertanda X
d. menekan tombol escape
B. E S S A Y
|
Cilacap, 17 September 2011
Guru Mapel TIK.
(ARIES PURWANTO, MPd)
NIP. 196705022007011022
=============================== |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar